Acara Lamaran dan Seserahan Pernikahan Adat Jawa Lengkap

Pada kesempata kali ini hantaran kaisara akan memberikan informasi prosesi Acara Lamaran dan Seserahan Pernikahan Adat Jawa Lengkap. Menurut versi hantaran kaisara yang di rangkum dari berbagai sumber.

Proses Lamaran Adat Jawa
Ada beberapa tahapan -tahapan yang dilakukan ketika hendak  melamar wanita Jawa. Secara garis besar dapat dilihat sebagai berikut :

1. Proses Congkog
Proses Congkog adalah proses keluarga calon mempelai pria mengutus seorang perwakilan atau juru bicara. orang ini bertugas menanyakan dan mendapat informasi secara lengkap kondisi calon pengantin wanita yang akan dilamar. Mulai dari status perkawinan, kesiapan calon mempelai, dan semua yang terkait rencana lamaran  .

2. Proses Salar
Proses Salar biasa dilakukan pihak utusan dari keluarga mempelai pria ketika belum mendapatkan jawaban dari pihak keluarga calon mempelai wanita.

3. Proses Nontoni
Proses Nontoni dilakukan untuk pertemuan pertama antara calon pengantin pria dan wanita setelah rencana lamaran disetujui oleh pihak mempelai wanita.

4. Proses Nglamar
Proses Nglamar  atau  lamaran. Inilah dimana ketika orang tua calon mempelai pria mengutus seseorang bertugas untuk melamar mempelai wanita.

5. Upacara Siraman

Siraman berasal dari kata “siram” yang artinya mandi. acara ini biasanya dilakukan 1 hari sebelum upacara pernikahan dilangsungkan. tujuan dari proses siraman ini adalah supaya kedua calon mempelai disucikan dengan cara dimandikan.

6. Upacara Midodareni
Midodareni berasal dari kata bidadari. Diman calon mempelai wanitaa dirias di kamar pengantin sehingga cantik mirip bidadari. Upacara midodareni dilakukan malam hari sebelum proses Ijab Kabul nikah dilangsungkan.

Paningset dan Hantaran lamaran
Paningset dan hantaran lamaran itu beda loh sob. Paningset yang perlu dibawa adalah aneka benda kebutuhan yang dikenakan di tubuh calom mempelai wanita. Isi peningset ini meliputi seluruh yang dikenakan mempelai wanita mulai ujung rambut hingga ujung kaki sob.

Peningset ini merupakan simbol bahwa calon pengantin ini sudah ada yang punya gitu sob. Jadi, jangan sampai deh ada makhluk -makhluk lain alias pria lain yang menggodanya lagi.
Gimana teman hantaran kaisara?.. masih lanjut? Prosesi di atas merupakan tahapan awal atau dalam istilah di sebut mukadimah, cukup panjang memang tapi itulah yang membuat Indonesia ini kaya akan tradisi yang unik dan menarik. Pada umumnya masyarkat jawa menjungjung tinggi adat istiadat dan budaya sehingga prosesi ini masih sering kita liat, dan masih kental untuk prosesinya.

Tahapan selanjutnya adalah peningset, ingat bukan pening yang di seat tapi ini merupakan istilah dalam bahasa jawa yang memiliki arti berbagai perlengkapan hantaran dan seserahan lamaran.

barang -barang yang perlu kamu siapkan dalam hantaran lamaran :

1. Jarik dan Kebaya
kebaya, sewek, atau kain batik yang biasanya digunakan untuk bawahan kebaya, centing, korset untuk kebaya, serta sandal .

2. Perlengkapan Rias.

Perlengkapan rias ini isinya bisa  macam –macam, tergantung selera calon mempelai. Yang utama dan biasanya di gunakan merupakan aneka make up yang dapat bikin penampilan mempelai wanita makin terlihat cantik .

3. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi ini biasanya  isinya  fleksibel  yaitu :  sabun, shampoo, pembersih wajah, shower cup, handuk, dan piyama mandi. Kita bisa menambahnya sesuai kebutuhan dan permintaan calon pengantin wanita.

4. Pakaian
Pakaian yang perlu disediakan ada dua jenis, yakni pakaian formal dan pakaian sehari -hari. Termasuk kemeja, gaun, celana panjang, tas, sepatu dan juga pakaian dalam.

5. Perhiasan
perhiasan yang diberikan biasanya adalah 1 set perhiasan lengkap. Mulai anting, gelang, kalung sampai cincin. Akan tetapi, perhiasan yang diberikan biasanya berupa cincin. Sesuai dengan kemampuan.

6. Pisang Raja
Pisang raja biasanya digunakan sebagai simbol harapan kesuburan sehingga setelah menikah, pasangan ini dapat dengan mudah memiliki keturunan.

7. Buah Jambe dan kapur sirih
Biasanya buah jambe dan kapur sirih digunakan sebagai simbol harapan agar pernikahannya kelak bisa langgeng sampai kakek nenek.

8. Bunga
Untuk bunga biasanya yang digunakan ada 2 jenis yakni bunga kenanga dan melatiputih , kedua bunga ini di letakkan di dalam keranjang dalam jumlah yang ganjil.

9. Gula, kopi dan teh
Biasanya digunakan untuk symbol supaya pasangan ini berkecukupan di kemudian hari.

10. Jajanan pasar

Jajanan pasar di sini merupakan berbagai macam kue ringan yang biasanya tersedia di pasar tradisional namun perlu di perhatikan ada 2 kue yang biasanya di gunakan yakni
madu mongso dan kue jaddah.kedua kue ini merupakan  simbol harapan agar kelak kedua mempelai senantiasa lengket dan mesra.

Yang terakhir dan pamungkas …..

11. Hasil Bumi dan Buah-buahan

ini berupa beras, garam, minyak goreng serta buah -buahan. Merupakan perlambangan hidup berkecukupan dan sejahtera sebagai keluarga baru.

Panjang juga ya…. Ini merupakan prosesi lamaran adat jawa dengan hantarannya… next kita akan bahas prosesi selanjutnya… jadi tungguin terus update nya…untuk berikut nya kita akan membahas prosesi  ijab kabul, upacara panggih, balangan suruh, ritual wiji dadi, ritual kacar kucur, mertui, sungkuman, sindhur binayang, timbang, tanem, tumplak punjen, tukar kalpika, dan  dan terakhir resepsinya.